-->

Alat Pernapasan Pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Alat Pernapasan Pada Tumbuhan

Apakah kalian tahu kalau tumbuhan mempunyai alat pernapasan? Alat pernapasan pada tumbuhan menjadikannya berbeda dengan makhluk hidup lain.

Walaupun sama - sama merupakan makhluk hidup, tumbuhan mempunyai alat pernapasan yang berlainan dari makhluk hidup yang lain. Selaku makhluk hidup, tumbuhan pula wajib senantiasa bernapas sehingga kesinambungan hidup mereka senantiasa terpelihara.

Pernapasan tumbuhan ini meresap oksigen yang terdapat di udara alhasil menciptakan air serta energi yang pula bermanfaat buat kehidupan manusia, juga zat karbon dioksida( CO2). Apa nama alat pernapasan pada tumbuhan? Berikut nama alat pernapasan pada tumbuhan beserta bagaimana cara tumbuhan pernapasan:

Alat Pernapasan pada Tumbuhan

Proses pernapasan ataupun respirasi pada tumbuhan membutuhkan dukungan sinar ataupun tidak. Sebaliknya cara fotosintesis cuma berlangsung bila terdapat sinar yang masuk ke tumbuhan.

Tumbuhan hendak meresap oksigen( O2) dalam proses pernapasannya. Diambil dari buku Kenali Lebih Jauh mengenai Tumbuhan( 2018), terdapat 3 alat pernapasan pada tumbuhan.

1. Stomata

Stomata pula jadi bagian penting dalam tumbuhan yang amat menolong proses fotosintesis serta transpirasi. Dalam proses fotosintesis, stomata berperan selaku bagian tumbuhan yang mengambil karbondioksida( CO2) dari atmosfer.

Sementara itu, dalam proses transpirasi, stomata jadi bagian tumbuhan yang berperan buat melangsungkan penguapan air. Aktifitas ini cocok dengan proses transpirasi selaku penguapan air dari permukaan tumbuhan.

2. Lentisel

Lentisel merupakan lubang - lubang pada tumbuhan yang terdapat di bagian batang. Selaku salah satu alat pernapasan pada tumbuhan, lentisel mempunyai guna buat menjadi bagian pertukaran gas serta mensupport daya tumbuh pada tumbuhan.

Tanpa terdapatnya lentisel, bisa jadi tumbuhan akan mati sebab tidak bisa melangsungkan pertukaran gas secara utuh. Sebab itu, lentisel selaku pori - pori pada tumbuhan sangat penting buat menopang kehidupan tumbuhan.

3. Akar

Akar merupakan alat pernapasan pada tumbuhan yang posisinya terletak di bagian dasar tumbuhan. Secara guna, akar bekerja mencari air serta zat - zat di dalam tanah selaku sumber penting untuk tumbuhan.

Sama perihalnya dengan stomata serta lentisel, akar hendak meresap oksigen buat kehidupan tumbuhan. Akar ataupun yang kerap diucap selaku rambut akar ini berfungsi selaku bagian inti tumbuhan yang menembus meresap udara di pori- pori tanah.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close