-->

Tanda Titik di Atas Not Angka Berfungsi Sebagai Tanda ?

Tanda Titik di Atas Not Angka Berfungsi Sebagai Tanda ?

Titik di atas not angka berfungsi sebagai tanda ?

A. Panjang pendek nada

B. Tinggi rendah nada

C. Tinggi rendah suara

D. Panjang pendek bunyi

E. Semua Benar

Jawabannya ialah B. Tinggi rendah nada

Penjelasan:

Tanda titik ada dua macam fungsi yaitu sebagai tanda tinggi rendah nada dan sebagai tanda jumlah atau panjang ketukan.

Pada dasarnya, Notasi angka lebih mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan not balok. Lalu, jika ada yang bertanya apa bedanya not angka dan not balok, padahal not angka ada tanda titik dibawah atau di atas angka.

Jadi.. Maksud dari tanda titik adalah untuk memberi perbedaan oktaf atau nada tinggi atau nada rendah. Tanda titik dibawah artinya nada rendah dan titik di atas artinya nada yang tinggi.

Nada 1 tanpa titik merupakan nada dasar. Tanda satu titik di atas not, menunjukkan bahwa not tersebut naik satu oktaf dari nada asli, sedangkan tanda satu titik di bawah not, menunjukkan bahwa not tersebut turun satu oktaf dari nada asli.

Jawaban A. panjang pendek nada menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. tinggi rendah nada menurut saya ini 100% benar, karena tanda titik ada dua macam fungsi yaitu sebagai tanda tinggi rendah nada dan sebagai tanda jumlah atau panjang ketukan..

Jawaban C. tinggi rendah suara menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan.

Jawaban D. panjang pendek bunyi menurut saya ini salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jadi jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan Titik di atas not angka berfungsi sebagai tanda ? ialah B. Tinggi rendah nada 

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close