-->

Perjanjian Mengenai Kawasan Damai, Bebas, Netral di ASEAN adalah....

Perjanjian Mengenai Kawasan Damai, Bebas, Netral di ASEAN adalah....

Perjanjian mengenai kawasan damai, bebas, netral di ASEAN adalah....

A. Treaty of Amity and Cooperation in South East Asia

B. Perjanjian kawasan bebas nuklir

C. Komunitas keamanan ASEAN

D. Zone of Peace, Fredom, and Neutrality ( ZOPFAN)

Jawabannya ialah D. Zone of Peace, Fredom, and Neutrality ( ZOPFAN)

Pembahasan

Perjanjian mengenai kawasan damai, bebas, serta pula netral ialah ZOPFAN. Pengertian dari ZOPFAN adalah suatu wujud deklarasi yang sudah bertujuan buat bisa menciptakan suatu stabilitas serta pula keamanan regional pada kawasan Asia Tenggara.

Penafsiran dari deklarasi ZOPFAN atau deklarasi Zone of Peace, Freedom, and Neutrality atau kawasan damai, bebas, serta pula netral. Deklarasi ini sudah ditandatangani pada tanggal 27 November 1971 pada Kuala Lumpur, Malaysia.

Deklarasi ini sudah kerap pula diucap selaku deklarasi kuala lumpur yang sudah didapat dari julukan lokasinya itu. Deklarasi ZOPFAN sudah jadi salah satu wujud dari kegiatan serupa yang dicoba dengan negeri ASEAN pada aspek politik serta pula keamanan.

Deklarasi ZOPFAN ini tidak hanya telah terbatas pada kawasan Asia Tenggara saja tetapi pula sudah melingkupi area dari Asia Pasifik. Pada penerapaannya ini sendiri, Deklarasi ZOPFAN sudah ikut mengaitkan suatu andil atas negara- negara besar.

Khususnya di dalam perihal penanganan kasus keamanan dari kawasan Asia Tenggara. Tidak hanya itu, peran dari negara besar ini pula sudah diperlukan selaku suatu voluntary self- restraints atau tindakan menahan diri dengan sukarela.

Deklarasi ini sendiri sudah bertujuan buat bisa menciptakan suatu area Asia Tenggara buat bisa jadi kawasan yang bebas, damai, serta pula netral.

Seperti itu pembahasan mengenai perjanjian mengenai kawasan damai, bebas, netral di ASEAN, semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close