-->

Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan ? Berikut Jawabannya

Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan

Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan ? Bagaimana Matahari Menghasilkan Energi?, Pada peluang kali ini Duniabelajar. net hendak mengulasnya dan tentu perihal yang pula melingkupinya. Ayo kita ikuti pembahasannya pada postingan di bawah ini buat lebih bisa memahaminya.

Matahari ialah salah satu bintang yang terletak di tata surya serta pusatnya tata surya. Matahari tercantum bintang disebabkan bisa menghasilkan sesuatu energi sinar sendiri.

Cahaya matahari dibanding dengan bintang yang lain terasa lebih cemerlang, pastinya karna di merupakan bintang yang terdekat. Perihal ini lah yang menimbulkan terdapat waktu siang hari kita tidak bisa melihat bintang selain matahari. Energi matahari berasal dari reaksi nuklir yang terjalin di matahari pastinya.

Reaksi ini diucap dengan reaksi fusi, ialah pencampuran inti dari gas- gas hidrogen membentuk gas helium. Cara pencampuran ini akan memunculkan hasil berupa energi yang terdiri dari energi panas, energi cahaya, serta energi gelombang yang sangat besar.

Reaksi ini terjalin di pusat atau inti matahari yang mempunyai temperatur 7 juta derajat celsius. Temperatur semacam ini memanglah dibutuhkan supaya reaksi fusi dapat terjalin. Diketahui, kalau matahari merupakan bola besar yang sebagian besarnya terdiri dari gas hidrogen, dengan persentase sekitar 92%, helium 7, 8%, serta sisanya terdiri dari nitrogen, karbon, serta oksigen.

Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan?

Energi matahari dihasilkan di inti matahari tempat terbentuknya reaksi fusi termonuklir. Reaksi ini hendak mencampurkan 2 inti atom hidrogen yang hendak berganti menjadi helium.

Sinar Matahari berasal dari suatu hasil reaksi fusi hidrogen menjadi helium. Matahari serta kedelapan buah planet membuat sesuatu Tata Surya. Matahari dikategorikan selaku bintang kecil jenis G.

Matahari dipercayai tercipta pada 4,6 miliyar tahun lalu. Kepadatan massa matahari ialah 1,41 berbanding massa air. Jumlah tenaga matahari yang sampai ke dataran Bumi ini dikenali selaku konstan surya menyamai 1.370 watt per m persegi tiap saat.

Matahari selaku suatu pusat Tata Surya merupakan bintang generasi kedua. Material dari matahari tercipta dari suatu dentuman bintang generasi pertama semacam yang dipercayai oleh ilmuwan, sebenarnya alam semesta ini tercipta oleh sesuatu ledakan big bang sekitar 14.000 juta tahun lalu.

Apa Saja Urutan Lapisan Matahari ?

Urutan lapisan matahari dari lapisan paling luar sampai lapisan paling dekat dengan inti ialah:

1. Korona

Lapisan matahari paling luar yang tediri dari gas. Gas itu amatlah tipis alhasil nampak semacam mahkota putih yang mengitari matahari. Tebal korona diperkirakan mencapai 2,5 juta km dengan temperatur diperkirakan 1 juta K. Energi hasil reaksi fusi dipancarkan secara radiasi.

2. Kromosfer

Kerap diucap lapisan atmosfer matahari. Kromosfer mempunyai tebal diperkirakan 16. 000 kilometer dengan temperatur 4. 000 K serta bagian luar suhunya 10. 000 K.

Kromosfer bisa nampak saat terjalin gerhana matahari keseluruhan dengan bentuk semacam gelang ataupun cincin yang berwarna merah.

3. Fotosfer

Permukaan matahari yang mempunyai tebal 350 kilometer. Fotosfer memancarkan cahaya, sebagian cahayanya masuk ke bumi. Temperatur di fotosfer diperkirakan 6. 000 K.

4. Inti Matahari

Bagian paling dalam matahari. Suhunya diperkirakan mencapai 15 juta K. di bagian ini reaksi fusi( pergerakan elektron) berlangsung.

Demikianlah penjelasan dari Duniabelajar. net mengenai Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan?, mudah- mudahan bisa menambah pengetahuan serta wawasan kamu. Terimakasih sudah berkunjung serta janganlah lupa buat membaca postingan yang lain 

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close