-->

Alat Musik Tifa Berasal Dari Daerah Provinsi?

Alat Musik Tifa Berasal Dari Daerah Provinsi? Mengerti kah kalian mengenai alat musik tifa, serta berasal dari daerah manakah alat musik ini?

Pada peluang kali ini Duniabelajar.net hendak mengulasnya serta tentu perihal yang juga melingkupinya. Mari kita ikuti pembahasannya pada postingan di bawah ini buat lebih bisa memahaminya.

Indonesia memiliki banyak suku dengan masing - masingnya mempunyai kebudayaan dan karakter khas tiap masing - masing tidak terkecuali perlengkapan musik tradisional.

Tidak lain masyarakat papua yang merupakan masyarakat yang ekspresif, mereka mengekspresikan jiwa keseniannya dalam bentuk perlengkapan musik tradisional, atau ukiran - ukiran dan tarian. Masing- masing momen berarti dalam mereka tetap dirayakan dan diiringi dengan musik - musik tradisional, salah satunya perlengkapan musik Tifa.

Perlengkapan musik ini memiliki keunikannya tersendiri, terlebih disaat ini perkakas musik tifa, sudah jadi ikon dari papua sendiri.

Perlengkapan musik ini berasal dari Indonesia bagian timur. Tifa merupakan semacam perlengkapan musik yang dipukul mirip dengan Gendang. Perbedaannya, suara perlengkapan musik ini terdengar lebih ringan. Dari segi fisiknya, perlengkapan musik ini terbuat dari kayu dan berupa tabung.

Biasanya tifa ini dipakai dalam mendampingi upacara adat, pertunjukan tradisonal atau tari - tarian. Bentuk perlengkapan musik ini sendiri terbilang unik, dihiasi dengan ukiran- pahatan yang bernilai seni besar. Lalu alat musik tifa berasal dari daerah provinsi mana?

Alat musik tifa berasal dari daerah provinsi maluku dan papua. Di kedua daerah provinsi inipun mempunyai perbedaan yang lumayan mencolok. Akan tetapi apakah kamu tahu perbedaan dari tifa yang berada di Maluku dan Papua ini? Berikut perbedaan tifa maluku dan tifa papua:

Perbedaan Alat Musik Tifa Maluku dan Papua

Tifa Papua

Alat Musik Tifa Berasal Dari Daerah Papua

Perlengkapan musik tifa sangat sama dengan papua, spesialnya suku Asmat. Tifa ini sudah jadi bukti diri suku kaum yang ada di Papua ibaratnya sudah jadi kebutuhan tiap hari semacam oksigen. Perlengkapan musik tifa papua buat masyarakat Malim dikenal dengan julukan Kandara, di Biak dikenal dengan julukan Sirep, di Setani dikenal dengan julukan Wachu sebaliknya buat kaum Asmat mereka menyebutnya dengan julukan Eme.

Tifa Maluku

Alat Musik Tifa Berasal Dari Daerah Maluku

Perlengkapan musik Tifa Maluku memiliki perbandingan yang khas. Di daerah Maluku Tifa memiliki bentuk sejenis tabung biasa tanpa ada pegangan di sampingnya. Ukiran pahatan di dekat tabung bukan hanya pahatan biasa melainkan cerita kehidupan atau pernyataan rasa terima kasih dari pembuatnya.

Biasanya masyarakat Maluku memainkan tifa bagaikan pendamping dalam upacara- upacara adat. Spesialnya tarian Cakalele, suatu tarian tradisional yang melukiskan kondisi peperangan. Di beberapa area yang lain di Maluku pula, perlengkapan musik tifa memiliki sebutan yang berlainan. Di area Maluku tengah tifa dikenal dengan julukan Tihal atau Tahito.

Perkakas musik tifa yang berasal dari Maluku berbahan dasarkan kayu tumbuhan sukun atau tumbuhan eh. Berbeda dengan perlengkapan musik tifa Papua yang berbahan dasar tumbuhan lenggua. Tata cara memainkan perlengkapan musik ini serupa yakni dengan metode dipukul.

Namun, dapat pula dimainkan dengan mengenakan perlengkapan sejenis tongkat pemukul. Tongkat ini dibuat dari dari pelepah tumbuhan kelapa. Bahan utamanya berupa pelepah yang panjangnya kira - kira 60-100 cm. model dan dimensi perlengkapan musik tifa Maluku pula diciptakan bermacam - macam, sesuai dengan untuk penggunaannya.

Demikianlah pembahasan dari Duniabelajar.net mengenai Tifa Berasal Dari Daerah Provinsi, mudah - mudahan bisa menambahkan pengetahuan serta wawasan kamu. Terimakasih sudah berkunjung serta janganlah lupa buat membaca postingan yang lain. 

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close