-->

Kumpulan Kritik dan Saran Untuk Guru Yang Baik dan Benar

Kritik dan Saran Untuk Guru

Dalam mengenyam dunia pendidikan, sering kali kita mempunyai kritik yang mendalam pada lembaga pendidikan ataupun pengajar( guru), tidak tahu itu sebab pelayanan pendidikan yang kurang, sarana, ataupun cara mendidik yang tidak digemari.

Kritik ataupun saran yang di informasikan pada guru sepatutnya mempunyai susunan tutur yang santun, nyata, serta lugas. Saran wajib berisi suatu yang membangun, bersifat membenarkan, dan cocok dengan apa kekurangan dari cara mengajar yang di informasikan guru.

Kamu nyatanya bertanya- tanya bila mau membuat ataupun mengantarkan saran buat guru, nah pada peluang kali ini saya hendak memberi sebagian saran terbaik pada guru, silahkan ikuti serta pilih cocok dengan yang Kamu mau.

Kritik dan Saran Untuk Guru Yang Baik dan Benar

  1. Saran saya, Ibu Guru jangan terlalu membebani siswa dengan pekerjaan rumah yang terlalu banyak.
  2. Saya berharap Guru Matematika mengulangi materi pembelajaran jika siswa belum benar-benar memahami rumus yang diajarkan.
  3. Selama proses pembelajaran, saya harap Bapak Guru menyampaikan materi dengan cara yang mudah dipahami dan tidak membosankan.
  4. Saran saya kepada Ibu Guru adalah akhiri jam pembelajaran tepat saat bel istirahat berbunyi, jangan melebihi bel istirahat karena siswa butuh waktu untuk menyegarkan otak.
  5. Alangkah baiknya guru dapat menguasai metode pembelajaran yang modern mengikuti perkembangan dunia teknologi.
  6. Saran saya, Guru harus memberi perhatian lebih kepada murid yang memiliki nilai rendah, agar murid tersebut dapat naik kelas.
  7. Bapak Guru sudah menyampaikan materi pembelajaran dengan sangat baik, hanya saja terlalu banyak memberikan PR.
  8. Saya memiliki saran supaya Ibu Guru selalu mengawasi kelas saat ulangan, jangan meninggalkan kelas untuk mencegah kecurangan yang dilakukan siswa.
  9. Saran saya, Guru harus selalu memperhatikan muridnya dalam pembelajaran daring karena banyak murid yang suka beralasan tidak mengikuti pembelajaran daring.
  10. Saran saya, Guru sebaiknya tidak berlebihan dalam melakukan pembelajaran online atau daring karena menghabiskan banyak kuota internet yang harganya mahal.
  11. Saya harap Bapak Guru dapat memulai pembelajaran daring tepat pada waktunya.
  12. Tolong kepada Ibu Guru supaya mengajarkan pembahasan soal-soal sebelum datang waktu ujian.
  13. Sebagai wali kelas, guru harusnya peduli dengan murid yang selalu memperoleh nilai di bawah standar.
  14. Seharusnya Ibu Guru tidak memberikan tugas yang terlalu banyak agar kita memiliki waktu istirahat di rumah.
  15. Metode yang Ibu Guru gunakan dalam mengajar cukup membosankan, saran saya Ibu gunakan metode pembelajaran lain yang menyenangkan dan mudah dipahami.
  16. Saya harap Ibu Guru menyampaikan materi pembelajaran disertai contoh atau praktik langsung supaya mudah dipahami.
  17. Saran saya, Ibu Guru perlu mempertimbangkan dalam memberi PR untuk kita, karena jika terlalu banyak akan menguras waktu istirahat di rumah.
  18. Saran saya, Bapak Guru harus masuk kelas tepat pada waktunya supaya murid tidak berisik di kelas dan mengganggu kelas lain.
  19. Saran saya supaya Ibu Guru memberi pekerjaan rumah yang sesuai dengan materi yang telah diajarkan.
  20. Ibu Guru perlu lebih sabar dalam membimbing siswa yang mendapatkan nilai rendah.
  21. Saran saya kepada Guru PPL supaya menyampaikan materi pembelajaran dengan metode yang lebih menyenangkan.
  22. Saran saya kepada Guru Olahraga adalah perbanyak praktik daripada materi karena olahraga merupakan kegiatan fisik.
  23. Saran saya kepada Guru Bahasa Inggris supaya sering menyampaikan pembelajaran menyenangkan seperti bernyanyi bahasa Inggris, bercerita bahasa Inggris, dan memutarkan film pembelajaran bahasa Inggris.
  24. Saran saya kepada Guru Agama supaya menyampaikan materi pelajaran agama disertai dengan praktik seperti cara Sholat, Berwudhu, Tayamum, dan sebagainya.
  25. Saran saya kepada Guru Sejarah supaya sering menyampaikan pembelajaran dengan bercerita sejarah.
  26. Di era yang serba canggih ini sudah seharusnya guru mengajar dengan mengikuti perkembangan teknologi 
  27. Sekolah ini sudah modern akan tetapi gurunya masih ada yang tidak bisa menggunakan teknologi 
  28. Masih ada beberapa guru yang tidak melek teknologi padahal pembelajaran daring sangat bergantung pada teknologi 
  29. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh guru selama pembelajaran akan tetapi mengapa Ibu Guru hanya menggunakan aplikasi itu saja? 
  30. Selama pembelajaran daring berlangsung, guru tampak tidak antusias mengajar padahal pembelajaran daring juga bergantung pada penjelasan guru di dalam kelas 
  31. Sebagai seorang guru sudah seharusnya guru meningkatkan kemampuan mengajarnya dari hari ke hari 
  32. Contoh kritik dan saran yang membangun kepada seorang guru adalah “sebaiknya guru bertindak tegas terhadap siswa yang jarang mengumpulkan tugas selama pembelajaran daring”
  33. Walaupun pembelajaran daring dilakukan tetapi seorang guru harus mempertimbangkan dalam memberikan tugas rumah 
  34. Guru tidak menjelaskan materi dengan baik dan hanya memberikan tugas rumah yang menumpuk saja 
  35. Selama pembelajaran daring, guru menggunakan metode yang membosankan, membuat siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran 
  36. Lebih baik menggunakan media yang bervariasi agar siswa cepat menangkap pelajaran khususnya untuk mata pelajaran yang sulit 
  37. Seharusnya sebagai seorang guru, Ibu tahu bahwa memberikan tugas yang terlalu banyak ke siswa akan membuat siswa merasa stress dan tertekan 
  38. Pengajar sudah seharusnya peduli terhadap siswanya yang jarang masuk pembelajaran daring misalnya dengan menghubungi kedua orangtuanya 
  39. Apabila pembelajaran dengan menggunakan aplikasi tatap muka menghabiskan banyak kuota internet, guru bisa menggunakan aplikasi lain saja misalnya Whatsapp 
  40. Kritik dan saran untuk wali kelas yang berikutnya adalah “sebagai seorang wali kelas dan guru sudah seharusnya lebih peduli kepada siswanya yang mendapatkan nilai buruk”
  41. Sebagai seorang guru janganlah bersikap pilih kasih karena semua peserta didik adalah sama. 

Cara Menyampaikan Saran dan Kritik yang Benar 

Sehabis menekuni apa saja contoh kritik dan saran yang membangun berikutnya kita pula wajib ketahui gimana cara menyampaikannya dengan benar.

Kala akan mengantarkan kritik serta saran terdapat sebagian perihal penting yang harus dicermati. Ini dicoba buat menjauhi kesalahpahaman yang biasa berlangsung terlebih bila mau mempersoalkan atasan.

Meminta Izin Terlebih Dahulu

Panduan awal yang bisa kita jalani dalam mengantarkan saran serta kritik merupakan dengan memohon izin terlebih dulu.

Oleh sebab itu tahap awal yang bisa kamu jalani ialah dengan memohon izin terlebih dulu. Dengan memohon izin kamu hendak mengenali bagaiman respon yang diberikan oleh guru.

Baru sehabis guru memberikan izin, kamu dapat mengantarkan kritikan serta saran pada guru. Ini ialah suatu wujud persoalan yang hendak menolong kamu lebih mudah dalam mengantarkan pemikiran berbeda ke guru.

Ada Dukungan Fakta

Sehabis mengenali gimana contoh kritik serta saran yang membuat jadi kala kamu akan mengantarkan saran ke guru wajib sopan.

Tidak hanya itu kamu pula wajib mendukungnya dengan kenyataan yang ada. Contohnya merupakan semacam memberikan dasar opini kamu supaya guru dapat mengerti saran yang diserahkan.

Pentingnya Saran dan Kritik Diberikan

Nyatanya kala kamu memperoleh kritik serta saran sehingga hendak banyak perihal yang diperoleh. Pentingnya saran dan kritik selaku materi buat memperbaiki diri. Selanjutnya sebab yang lain:

Bahan buat Mengevaluasi Diri

Pentingnya saran dan kritik diserahkan ke seseorang ialah awal selaku materi buat mengevaluasi diri. Tidak terdapat orang yang sempurna, oleh sebab itu kamu tentu menginginkan saran supaya dapat lebih baik lagi kedepannya.

Kritik dapat datang dari siapa saja baik dari kawan akrab, keluarga ataupun murid. Bila kamu diberi kritikan sehingga janganlah langsung berkecil batin, jadikanlah kritik itu buat memperbaiki diri.

Apapun kritikan yang di informasikan oleh orang lain, kamu dapat mendengarkannya kemudian merenunginya. Lebih bagus mengolah kritikan itu dengan bagus supaya tidak salah mengerti.

Mengetahui Apa Kesalahan Kalian

Kamu pula hendak memperoleh manfaat lain dari terdapatnya kritik dan saran itu ialah mengenali kesalahan. Tentu kamu kerap tidak mengetahui jika sudah melaksanakan kesalahan bukan?

Oleh sebab itu dengan terdapatnya kritikan itu kamu hendak sadar di mana posisi kesalahannya. Perihal ini hendak mempermudah kamu buat memperbaiki kekeliruan itu.

Termotivasi buat Mencari Solusi

Pentingnya saran serta kritik yang terakhir ialah memotivasi buat mencari penyelesaian. Kala kamu telah ketahui kekeliruan serta kekurangannya sehingga dapat langsung mencari penyelesaian buat menanggulangi perihal itu.

Akan Sadar Mengenai Kelemahan Diri

Pentingnya kritik dan saran yang selanjutnya ialah buat membuat kamu sadar hal kelemahan diri. Banyak orang yang tidak sadar hal kekurangan dirinya ataupun justru mengabaikannya. Sementara itu bila mau tahu dengan diri sendiri sehingga wajib ketahui keunggulan serta kekurangannya.

Oleh sebab itu terdapatnya kritikan akan membuat kamu lebih sadar hal kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan sehingga kamu bisa menyesuaikan diri dengan perihal itu. Terlebih bila kekurangan itu kamu peruntukan selaku semangat buat bertumbuh, akan amat baik sekali.

Sebagian contoh kritik dan saran yang membuat di atas dapat dijadikan selaku pegangan buat membagikan saran serta kritik dengan santun. 

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close