-->

Fuse adalah : Pengertian Fuse, Prinsip Kerja, Jenis & Faktor Penyebabnya

Fuse adalah

Fuse ataupun nama lainnya Sekring adalah bagian yang berfungsi selaku pengamanan di sirkuit elektronik ataupun di perangkat listrik.

Fuse ini pada dasarnya terdiri dari kawat halus serta pendek yang melebur serta pecah bila dialiri oleh arus listrik yang sangat banyak serta korsleting pada perangkat listrik( elektronik).

Dengan putusnya Fuse atau sekring itu, arus listrik tidak dapat masuk ke sirkuit elektronik. Akhirnya, bagian yang terdapat dalam sirkuit elektronik terkait tidak rusak.

Sebab fuse berfungsi buat mencegah perlengkapan listrik serta elektronik dari kerusakan yang diakibatkan oleh korsleting ataupun listrik yang berlebihan. Sekering ini kerap disebut selaku sekering listrik.

Fuse atau Sekering itu sendiri terdiri dari 2 terminal serta umumnya dipasang dengan cara seri dengan sirkuit elektronik yang hendak dilindungi ataupun tegangan listrik yang hendak dilindungi.

Jadi bila sekring rusak,“ sirkuit terbuka” terbentuk yang mematikan listrik alhasil arus listrik tidak bisa mengalir ke sirkuit yang dilindungi.

Prinsip Fungsi Kerja Fuse

Fungsi Fuse adalah sebagai perlengkapan pelindung paling umum. Fuse ataupun sekering dipasang di sirkuit. Bila aliran dikala ini melebihi beban maksimal, sekering trip ataupun trip.

Elemen- elemen dalam sekering meleleh, Elemen di dalam fuse ataupun sekring mencair, membuka rangkaian dan pula mencegah bagian lain rusak sebab arus yang berlebih.

Ukuran bagian logam dalam sekering merupakan nilai kritis. Cermati kalau arus berlebih menimbulkan panas berlebih serta sirkuit tidak terganggu oleh panas akibat arus.

Apa Saja Jenis-Jenis Fuse?

Bersumber pada gunanya Fuse atau Sekering itu bisa dibedakan jadi 2( dua) bagian ialah:

1. Fuse Tipe Blade atau Wedge

Fuse blade adalah salah satu tipe sekering yang sangat biasa serta sangat kerap dipakai. Sebab Fuse blad didesain dengan elemen metal serta lebih kompak serta pula perumahan pelindung transparan. Alhasil nampak pada dikala putus serta sekering ini pula mempunyai warna supaya lebih gampang.

Tidak hanya itu, tipe sekering ini pula mempunyai sebagian kelebihan, ialah:

  • Lebih ringan
  • Bagian terkait lebih luas
  • Tidak gampang pecah serta anti goncangan( terbakar)
  • Lebih kuat terhadap arus yang terputus- putus

2. Fuse Cartridge atau Glass

Fuse Cartridge atau Glass diidentifikasi bersumber pada kapasitasnya, terkait pada rupanya. Buat tipe Fuse Cartridge atau Glass ini bisa diamati pada ujung metal penutup tabung gelas kalau kapasitas sekering membuktikan no penunjuk.

Aspek Penyebab Fuse Rusak

Selanjutnya ini merupakan aspek pemicu fuse jadi rusak, antara lain:

1. Over load

Overload merupakan arus yang mengalir dalam sesuatu susunan lebih besar dari kapasitas sekering maksimal.

2. Short Circuit

Short Circuit ialah terdapatnya hubung singkat di dalam sirkuit di mana arus yang mengalir ke sekering melampaui kapasitas sekering.

Cara Mengukur Fuse dengan Multimeter Digital

Pada dasarnya Fuse memiiki buntelan tembus pandang yang dibuat dari Cermin ataupun pula Plastik. Dengan metode ini Kamu bisa lekas melihat apakah kawat sekring yang baik rusak ataupun tidak.

Tetapi, terdapat pula tipe sekering yang kemasannya mencakup kawat halus di dalamnya yang membuat isi sekering susah diamati. Sebab itu kita wajib mengukur sekering dengan multimeter. Buat mengenali apakah sekring sedang dalam situasi baik ataupun belum tersambung.

Selanjutnya ini merupakan cara mengukur Fuse dengan memakai Multimeter Digital:

  • Atur sakelar multimeter ke posisi ohm.
  • Setelah itu hubungkan probe multimeter ke tiap konektor sekering ataupun sekering.
  • Sekring tidak mempunyai polaritas, alhasil posisi probe merah serta hitam tidak diperebutkan.
  • Pastikan angka yang diperlihatkan pada layar multimeter ialah“ 0” ohm. Situasi ini membuktikan kalau sekring dalam situasi bagus( korsleting).
  • Apabial Display Multimeter menunjukkan“ Infinite”, alhasil sekeringnya diklaim rusak atau putus ataupun terbakar.

Sekering yang ditiup wajib lekas ditukar dengan sekering dengan detail yang serupa. Bila spesifikasi sekering yang diganti berbeda, guna sekering selaku keamanan tidak bisa berperan secara maksimal.

Bisa dibilang kalau sekring tidak bisa secara maksimal mencegah sirkuit atau fitur elektronik serta fitur listrik.

Demikianlah postingan mengenai Pengertian Fuse, Prinsip Kerja, Jenis&Faktor Penyebab Rusak ini mudah- mudahan dapat berikan manfaat untuk kita seluruh, Terimakasih. 

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close