-->

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak

Pernahkah kalian mengalami keyboard pada laptop tak mampu bertujuan sebagian huruf alias bahkan tak bertujuan sama sekali? Pasti sangat menyebalkan bukan? Kalian tak butuh panik serta jangan membawanya langsung ke tukang service, karena tutorial Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak mampu kalian perbuat sendiri dengan mudah.

Terdapat dua tipe persoalan keyboard laptop yang error serta tak bekerja. Yang pertama yaitu keyboard laptop tak bertujuan sebagian huruf, serta yang kedua yaitu saat keyboard tak mampu bertujuan sama sekali.

Kedua permasalahan ini mampu menimpa semua merk laptop baik itu dari Asus, HP, Acer, Lenovo, Dell, Toshiba, serta yang lainnya. Masalah ini lumayan tak jarang dijumpai oleh pemakai laptop dengan merk apapun.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Rusak atau Tidak

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang rusak

Untuk mengatasinya, kalian wajib mengenal terlebih dahulu apakah persoalan ini timbul karena hal dari hardware alias software.

Kemudian pastikan keyboard laptop kalian apakah tak mampu bertujuan total alias hanya sebagian huruf saja. Setelah itu, silahkan mengikuti berbagai solusi berikut dibawah ini.

1. Bersihkan Kotoran serta Debu

Keyboard yang kotor serta penuh debu mampu membikin manfaat keyboard tak mampu bekerja dengan semestinya. Biasanya, keyboard yang kotor menyebabkan sebagian huruf tak berfungsi.

Untuk tutorial cara perbaiki keyboard laptop error karena kotoran serta debu, jadi kalian wajib membersihkannya dengan melepas komponen keyboard yang tak berfungsi. Atau supaya lebih maksimal, kalian mampu melepaskan semua komponen di keyboard laptop lalu membersihkannya.

2. Update Driver Keyboard

Driver keyboard laptop yang terpasang tak sesuai dengan versi yang cocok, akan mengakibatkan keyboard laptop error serta tak bertujuan dengan cara total.

Cara memperbaiki tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi:

  • Pergi ke menu Start Windows.
  • Masuk ke Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager.
  • Klik pilihan Keyboard.
  • Kemudian klik kanan driver dari Keyboard laptop.
  • Pilih pilihan Update Driver.
  • Tunggu proses update driver sampai selesai.
  • Proses berakhir ditandai dengan munculnya perintah restart.

Selanjutnya kalian wajib merestart laptop, lalu tunggu sampai laptop kembali hidup. Jika keyboard telah mampu bertujuan kembali, jadi masalahnya merupakan dari driver yang telah usang.

3. Restart Laptop

Restart laptop merupakan salah satu solusi yang paling sederhana untuk cara memperbaiki keyboard laptop yang tiba tiba tidak berfungsi.

Terkadang kita tak sadar telah menonaktifkan keyboard jadi tak mampu digunakan. Atau adanya error dari suatu software serta membikin keyboard tak mampu berfungsi.

Cobalah untuk mematikan laptop terlebih dahulu, kemudian tunggu berbagai menit serta aktifkan kembali laptop anda.

4. Lepas Baterai Laptop

Arus listrik yang konslet juga mampu menjadi hal keyboard laptop tak bertujuan sebagian. Cara memperbaiki keyboard laptop yang mati pada permasalahan ini yaitu kalian wajib melepas baterai pada laptop terlebih dahulu untuk berbagai menit.

Setelah itu, pasang kembali baterai laptop serta hidupkan laptop anda. Jika benar arus listrik merupakan masalahnya, jadi kini keyboard akan kembali bertujuan dengan normal.

5. Nonaktifkan Numlock

Apabila kalian tetap mengalami keyboard laptop tak bertujuan melewati kedua tutorial di atas, jadi pastikan apakah tombol numlock di keyboard kalian aktif?

Jika iya, jadi kemungkinan tombol numlock yang membikin keyboard laptop kalian tak bekerja. Cukup matikan tombol tersebut, lalu cobalah untuk menguji apakah keyboard telah kembali normal alias belum.

6. Restore Windows

Keyboard laptop yang tak bertujuan dengan cara tiba-tiba juga mampu dikarenakan karena kita tak menyadari bahwa tersedia perubahan pada pengaturan di laptop. Di windows, kalian mampu melakukan restore pengaturan sistem laptop dengan mudah.

Berikut cara memperbaiki keyboard dan mouse laptop yang tidak berfungsi:

  • Klik Start menu Windows anda.
  • Kemudian masuk ke menu Control Panel.
  • Masuk ke System and Security > Back up your computer.
  • Klik Recover system settings or your computer.
  • Terakhir klik Open System Restore.
  • Selesai.

Perintah ini akan memulihkan pengaturan windows kalian supaya kembali ke pengaturan semula. Apabila keyboard error dikarenakan karena kesalahan di system settings, jadi dengan solusi cara membenarkan keyboard laptop yang rusak ini keyboard mampu kembali bertujuan normal.

7. Pergi ke Tukang Servis

Membawa laptop ke tukang servis laptop alias PC merupakan solusi yang paling mudah untuk cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi karena terkena air. Solusi ini manjur jika kalian tak mengenal dasar tutorial membenahi keyboard laptop sama sekali.

Terlebih lagi jika kalian tetap mempunyai garansi laptop yang berlaku. Kalian mampu membawanya ke service center resmi laptop, mereka akanmemperbaiki keyboard laptop yang beberapa tombol tidak berfungsi kalian dengan mudah.

Nah, sekian postingan pendek terkait bagaimana tutorial cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi setelah instal ulang. Semoga postingan ini mampu menanggulangi keyboard laptop kalian yang error serta tak mampu bekerja supaya mampu kembali dengan normal.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close