-->

Cara Mengatasi Printer Macet Gampang Banget!!

Duniabelajar.net - Printer merupakan sebuah alat yang wajib ada di perkantoran. Lalu bagaimana bila printer yang ada di kantor tersebut terjadi kendala. Pastinya pekerjaan menjadi terganggu bukan? Pastinya anda membutuhkan tutorial tentang Cara Mengatasi Printer Macet yang benar-benar tepat.

Jika hal tersebut tidak segera anda atasi, pekerjaan anda pasti akan terganggu apalagi pekerjaan yang sedang dikejar deadline. Tutorial ini pastinya bisa anda ikuti dengan mudah serta akurat untuk mengatasi printer yang macet tersebut.

Cara Mengatasi Printer Macet 100% Berhasil

Banyak tutorial yang mampu anda gunakan untuk cara mengatasi mesin printer macet. Kalian hanya menyesuaikan dengan keadaan mesin printer yang kamu punya. Bagaimana cara mengatasi tinta printer yang macet? Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan, diantaranya :

1. Koneksi Komputer ke Printer Terputus

Kabel data yang menghubungkan printer serta komputer mampu saja bermasalah, jadi printer macet dikala digunakan. Maka Kalian wajib memeriksa kabel USB terlebih dahulu sebelum memakai printer untuk mencetak dokumen.

Pastikan kabel yang terhubung dalam keadaan baik atau tak rusak. Juga pemasangan kabel USB komputer serta printer wajib bagus. Pastikan telah sangatlah terhubung. Untuk memeriksa tahap ini, Kalian mampu memakai kabel data lain untuk memastikan tahap tak bermasalah.

2. Cek Driver Printer

Driver printer yang bermasalah mampu menyebabkan printer tak mampu mendapatkan data dari komputer dengan optimal. Hal tersebut membikin koneksi printer ke komputer menjadi terputus, jadi printer macet serta tak mampu dipakai sementara waktu.

Jadi, pastikan driver printer telah terinstall dengan baik. Jika driver printer tak terinstall dengan baik, printer tak mampu digunakan. Setelah menginstall driver, periksa keadaan driver dengan menjalankan softwarenya. Untuk memaksimalkan driver, Kalian wajib menginstall ulang driver printer.

3. Cek Kondisi Printer

Jika ingin mencetak dokumen pada printer, Kalian wajib memeriksa tahap printernya terlebih dahulu. Biasanya hal ini sering terjadi pada printer epson l360. Jika printer ingin dipakai tetap mati, tentunya printer tak mampu dipakai untuk mencetak dokumen yang diinginkan.

Jangan lupa periksa listrik di rumah, apakah alirannya menyala atau tidak. Periksa juga stop kontak di rumah. Pastikan kabel listrik yang terhubung ke printer tetap bagus. Jika rusak atau terkelupas, segera ganti agar printer tak macet dikala digunakan. Tombol power on printer juga wajib menyala sebelum digunakan.

4. Cek Cartridge

Cartridge yang bermasalah juga menyebabkan printer yang ingin dipakai macet atau tak mampu digunakan. Jadi, pastikan komponen printer ini berlangsung serta terpasang dengan baik sebelum mencetak dokumen penting,

Untuk mengatasinya, Kalian mampu membuka cartridge terlebih dahulu. Pastikan menginstal cartridge dengan baik. Pastikan tahap ini bekerja dengan benar. Jika tidak, biasanya proses pencetakan dokumen terhambat sebab macet.

5. Tinta Habis

Jika tintanya habis atau kosong, tentunya printer tak mampu mencetak dokumen pada kertas serta akhirnya macet dikala digunakan, atau printer tetap berlangsung tapi tak ada foto atau goresan pena yang sukses dicetak pada lembar kertasnya.

Cara mengatasi printer yang macet tintanya, Kalian harus mengecek kondisi tinta setiap beberapa minggu sekali sebelum menggunakannya. Jika tinta habis, segera isi kembali dengan tinta original. Kalian mampu memeriksa tinta printer di Cartridge. Jika head cartridge telah kering, tinta telah habis serta Kalian wajib mengisinya kembali.

6. Cartridge Rusak atau Tidak Terdeteksi

Printer macet juga mampu dikarenakan sebab cartridge rusak atau tak terdeteksi. Biasanya faktor tersebut mampu ditemui ketika Kalian melakukan pembersihan pada printer sebelum menggunakannya.

Jika komponen tersebut mengalami kerusakan, solusinya wajib mengganti cartridge dengan yang baru. Jika tidak, printer tetap macet serta tak mampu dipakai untuk mencetak dokumen yang Kalian miliki.

7. Tinta Kering

Tinta printer yang mengering mampu menyebabkan tersumbatnya celah penyemprotan, jadi tinta mengalami kegagalan mencetak dokumen atau macet. Untuk atasi faktor tersebut, gunakan Deep Cleaning atau memakai tutorial manual.

Untuk tutorial manual, Kalian mampu melepas cartridge dari printer dengan cara perlahan. Jangan hingga menyentuh chip cartridge. Celupkan ujung cartridge ke mangkok yang berisi air. Jangan hingga chip cartridget terkena air. Goyang-goyangkan cartridge hingga tinta mencair.

Cara menanggulangi printer macet yang kami bahas di atas mampu diubahsuaikan dengan keadaan printer pengguna. Jadi, solusi untuk menanggulangi persoalan printer macet berbeda-beda untuk setiap printer yang pemakai pakai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close