-->

Cara Tanam Kangkung Hidroponik Tanpa Tanah dan Rockwoll Untuk Pemula

Cara Tanam Kangkung Hidroponik

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah tumbuh serta bisa ditanam dengan metode hidroponik. Cara tanam kangkung hidroponik ini bertujuan agar tanaman bisa tumbuh tanpa menggunakan media tanah, melainkan dengan menggunakan media air saja.

Metode tanam kangkung Hidroponik ini sangat cocok buat anda yang masih pemula yang ingin mencoba menanam dengan metode hidroponik. 

Berapa lama panen kangkung hidroponik?

Kangkung sendiri merupakan salah satu tanaman yang proses pertumbuhannya sangat cepat serta perawatannya pun mudah. Biasanya tanaman kangkung dapat dipanen saat menginjak usia 3-4 minggu sejak dilakukannya semai benih.

Anda pun dapat memanennya secara terus menerus hingga beberapa kali panen, dengan cara memotong batangnya dan membiarkan akarnya tetap menancap, dikarenakan tanaman kangkung ini akan tumbuh lagi.

Baca Juga 10+ Jenis Sayuran Hidroponik yang Mudah Ditanam Untuk Pemula

Maka dari itu, banyak orang yang ingin menginvestasikan penghasilannya untuk membuat sistem hidroponik agar dapat membudidaya tanaman kangkung tersebut.

Dengan menggunakan metode hidroponik ini, kangkung yang biasanya dijual Rp1.500 / ikat bisa naik harganya menjadi Rp 3.000/ ikatnya. Menggiurkan bukan, untuk dijadikan peluang bisnis anda di rumah? apalagi dengan tingkat konsumsi kangkung di indonesia sendiri yang tergolong tinggi.

Manfaat Tanaman Kangkung Bagi Tubuh

Tanaman kangkung sendiri mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, pasalnya dengan mengkonsumsi kangkung dapat membantumu yang ingin menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata, dan mencegah risiko terjadinya diabetes.

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan dari tanaman kangkung diatas, menarik bukan? Apalagi jika anda bisa menanam sendiri tanaman kangkung di rumah.

Kenapa Harus Memakai Metode Hidroponik?

Tanaman yang menggunakan metode hidroponik akan mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan media tanah. Hal ini dipengaruhi oleh perlakuan yang anda berikan saat proses tanam, dari pembibitan, perawatan hingga pada saat memanennya. Maka dari itu, sebaiknya anda belajar mulai dari sekarang.

Baca Juga Cara Semai Bibit Cabe Agar Bisa Tahan 1 tahun lebih serta Lebat Buahnya

Untuk kesempatan kali ini, Duniabelajar akan memberikan anda beberapa tips rahasia cara menanam kangkung hidroponik paling mudah tetutama untuk anda yang masih pemula, berikut langkah-langkah membuat tanaman kangkung hidroponik:

Cara Tanam Kangkung Hidroponik Menggunakan Tray Semai

1. Siapkan Bahan dan Peralatannya

Alat yang anda gunakan pada tutorial cara tanam kangkung hidroponik ini sangat sedikit, mudah anda cari, serta tidak akan menguras dompetmu. Berikut merupakan alat dan bahan untuk cara menanam kangkung hidroponik.

A. Tisu (Anda juga bisa menggunakan Sabut Kelapa sebagai Alternatife nya)

Tisu ini digunakan untuk menjaga agar saat peletakan bibit kangkung tidak jatuh ke wadah baskon, untuk alternatifnya anda bisa menggunakan sabut kelapa.

Banyak orang yang tidak suka dengan bau yang ditimbulkan oleh tisu tersebut. Maka dari itu, sebaiknya anda juga menyiapkan sabut kelapa sebagai media alternatifnya.

B. Tray Semai

Tray Semay ini digunakan sebagai wadah untuk media tanam dari Kangkung Hidroponik.

Lihat Produknya di Shopee 

Lihat Produknya di Tokopedia

Lihat Produknya di Bukalapak

C. Bibit Kangkung

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan anda memilih bibit kangkung yang berkualitas. Carilah enih kangkung yang memiliki daya kecambah yang tinggi serta kualitasnya bagus. Jangan lupa pehatikan tanggal kadaluarsanya juga.

Dengan pemilihan benih kangkung hidroponik yang berkualitas, Maka hasil panen nya pun akan meningkat dan juga berkualitas.

Lihat Produknya di Shopee 

Lihat Produknya di Tokopedia

Lihat Produknya di Bukalapak

D. Air

Air disini sebagai media tumbuh pengganti tanah.

E. Baskom

Media ini digunakan sebagai wadah air yang nantinya digunakan untuk merendam akar dari tanaman kangkung hidroponik.

F. Nutrisi Hidroponik Kangkung

Setiap tanaman pasti membutuhkan yang namanya nutrisi. Agar nutrisi kangkung hidroponik terpenuhi maka ada baiknya anda menambahkan nutrisi hidroponik AB Mix. Pemberian nutrisi AB Mix sendiri sudah memenuhi semua kebutuhan nutrisi tanaman, sehingga tanaman yang dihasilkan nanti memiliki daun yang lebat.

2. Proses Tanam Kangkung Hidroponik

Untuk prosesnya ini, sebaiknya anda menyimak penjelasannya berikut ini, agar hasil yang dihasilkannya nanti maksimal.

  • Siapkan Alat dan Bahannya yang sudah kami sebutkan diatas.
  • Lubangi Tray Semai berjumlah 8, agar nantinya akar dapat keluar dan menyerap air.
  • Masukan tisu atau sabut kelapa ke dalam Tray Semai.
  • Masukan bibit kangkung hidroponik ke dalam tray semai yang alasnya sudah diberi tisu ataupun sabut kelapa.
  • Siapkan baskom yang sudah berisi air yang sudah ditambahkan Nutrisi AB Mix (isikan nutrisi AB Mix 30ml saja).
  • Masukan Tray Semai yang sudah dikasih bibit kangkung tadi ke dalam baskon berisi air.
  • Untuk awalan, tutupi Tray Semai dengan plastik sampai mulai berkecambah.
  • Buka plastik setelah 3 hari atau bila sudah mulai berkecambah.
  • Setelah masa buka plastik atau semai hingga muncul 4 daun muda, pada saat itu rutin-rutinlah untuk  mengontrol jumlah air pada tanaman kangkung hidroponik.

3. Proses Panen Kangkung Hidroponik

Untuk proses pemanenan merupakan suatu proses yang sangat dinanti-nantikan, namun yang perlu anda ketahui dalam memanen tanaman hidroponik kangkung ini ialah cara memanennya.

Tanaman kangkung dapat dipanen pada usia 3 minggu dan ciri-cirinya tanaman tersebut sudah layak untuk dipanen, maka segeralah memanennya.

Agar nantinya bisa dipanen berkali-kali gunakanlah gunting dan pastikan anda memotong batang dari posisi di atas daun pertama, hal ini bertujuan agar tunasnya bisa tumbuh kembali.

Tunas baru ini memiliki proses pertumbuhan yang lebih cepat jika dibandingkan dari menanam biji yang baru, yakni 10 hari setelah pemanenan, anda sudah bisa memanennya lagi.

Apabila anda masih kebingungan dengan cara tanam kangkung hidroponik yang kami jelaskan diatas, kami juga akan memberikan anda sebuah Video yang nantinya akan memperdalam pemahaman anda untuk budidaya kangkung hidroponik, Berikut Video turorialnya :

Cara Menanam Kangkung Hidroponik

Semoga dengan adanya tutorial cara tanam kangkung hidroponik ini, dapat membantu anda yang ingin sekali menanam menggunakan metode hidroponik. Sekian terima kasih.

Tags

  • nutrisi kangkung hidroponik
  • nutrisi hidroponik kangkung
  • cara hidroponik kangkung
  • cara menanam kangkung hidroponik
  • cara budidaya kangkung hidroponik
  • cara tanam kangkung hidroponik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close