-->

10+ Jenis Sayuran Hidroponik yang Mudah Ditanam Untuk Pemula

Sayuran Hidroponik

Metode hidroponik sedang menjadi trend di masyarakat terutama di indonesia. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki lahan yang luas dan juga di masa pandemi saat ini, yang mengharuskan mereka terus berada di rumah.

Pasalnya anda tidak perlu repot-repot lagi untuk memikirkan lahan yang luas, dikarenakan menanam dengan menggunakan metode hidroponik ini kita lebih mengandalkan air dengan nutrisi yang baik untuk menanam.

Selain itu, bercocok tanam dengan menggunakan tehnik hidroponik, tanaman yang kita tanam akan menjadi lebih cepat tumbuh. Mengapa? Hal ini dikarenakan metode hidroponik menggunakan media air yang bernutrisi tinggi, sehingga membuat tanaman yang kita tanam dapat tumbuh dengan cepat serta gizi dari sayuran hidroponik juga tak kalah tingginya dari menanam dengan metode biasa.

Namun perlu anda ketahui, tidak semua jenis sayuran dapat ditanam dengan menggunakan metode hidroponik. Maka dari itu, Duniabelajar akan mengelompokan jenis tanaman hidroponik apa saja yang dapat ditanam dengan metode hidroponik. Sebelum kami membagikan pengelompokannya, alangkah baiknya bagi anda untuk mengetahui apa itu sayuran hidroponik serta keuntungannya.

Apa Itu Sayuran Hidroponik

Sayuran hidroponik adalah sayuran yang dapat tumbuh walaupun tanpa media tanah, tetapi dengan media air yang sudah ditambahkan nutrisi yang diperlukan bagi tanaman agar dapat tumbuh.

Dengan metode hidroponik ini, anda tidak perlu khawatir dengan perebutan nutrisi tanaman, dikarenakan tanaman yang tumbuh dengan menggunakan metode ini tidak membutuhkan jaringan akar yang komplek untuk menyerap nutrisi.

Keuntungan Menanam Sayuran Hidroponik

1. Kualitasnya lebih baik

Banyak orang yang menganggap bahwa sayuran yang ditanam dengan menggunakan tehnik hidroponik cenderung memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan sayuran yang ditanam secara metode konvensional. Dikarenakan tanaman yang ditanam dengan metode ini, bebas dari bahan pestisida dan bahan kimia lainnya.

2. Bebas dari Pestisida

Sayuran Hidroponik yang di tanam menggunakan tehnik hidroponik tidak membutuhkan media tanah, sehingga tanaman yang ditanam tidak memerlukan penggunaan cairan pestisida. Sayuran hidroponik apakah sehat? Tentunya sayuran yang ditanam menggunakan hidroponik ini sehat karena bebas pestisida.

3. Flexibel

Tehnik hidroponik ini sangat fleksibel, anda bisa menanam tanaman hidroponik dimana saja, bahkan bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas.

4. Penggunaan air yang lebih sedikit

Bila anda memperhatikannya, penggunaan air pada tehnik hidroponik ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan metode konvensional. Pasalnya air akan langsung diserap oleh akar. Sehingga tanaman pun tidak perlu anda siram secara rutin.

5. Lebih cepat dipanen

Keuntungan yang terakhir dari menggunakan metode hidroponik ialah lebih cepat untuk dipanen. Hal ini karena nutrisi yang kita berikan, langsung diserap oleh tanaman itu sendiri sehingga tidak terbuang sia-sia.

10 Jenis Sayuran Hidroponik yang Dapat Ditanam

Sebelum anda memulai untuk menanam sayuran dengan metode hidroponik, Alangkah baiknya anda harus mengetahui tanaman apa saja yang bisa ditanam dengan metode ini. Berikut Jenis sayuran hidroponik yang bisa anda tanam:

1. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dibudidayakan dengan metode ini. Pasalnya tanaman ini dapat beradaptasi dengan mudah pada media apapun. Sayuran kangkung pun juga merupakan salah satu tanaman yang cepat dipanen.

Untuk masa panen yang pertama bisa anda lakukan pada usia 3 minggu sedangkan masa panen yang kedua bisa anda lakukan setelah 10 hari setelah panen.

Baca Juga Cara Menanam Kangkung Hidroponik Tanpa Rockwol

2. Sawi Hijau

Tanaman hidroponik termasuk sayuran yang sangat laku dipasaran serta cepat tumbuh dan panen. Menanam sayuran sari hijau dengan metode hidroponik pun tidak begitu susah. Dengan begitu menanam sawi hijau dengan metode Hidroponik bisa menjadi peluang bisnis di masa pandemi ini.

3. Brokoli

Jenis sayuran hidroponik yang mudah ditanam dengan metode hidroponik berikutnya ialah brokoli. Sayuran ini mirip sekali dengan bunga kol, meskipun tanaman brokoli ini umumnya hidup di daerah dataran tinggi. Namun Brokoli dapat dengan mudah ditanam di damanapun hanya dengan menggunakan metode hidroponik.

Tanaman hijau yang satu ini juga termasuk salah satu jenis sayuran yang banyak pemminatnya dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Dengan begitu, menanam tanaman hijau ini dapat menjadi lahan bisnis anda.

4. Seledri

Seledri merupakan salah satu tanaman hidroponik yang sangat cocok untuk pemula. jenis sayuran ini sangat cocok menggunakan sistem wickdalam tehnik hidroponik atau biasa dikenal dengan sistem sumbu. Selain itu seledri juga dapat ditanam dengan sistem hidroponik lainnya semacam Rakit Apung.

Biasanya sayuran seledri ini kerap kali dicampurkan ke dalam berbagai makanan yang berkuah yang dapat menambah cita rasa aroma sedap pada masakan.

5. Bayam

Tanaman jenis ini merupakan tanaman yang tidak perlu perlakuan khusus. Pasalnya bayam ini termasuk sayuran yang dapat tumbuh di mana saja. Dengan memanfaatkan tehnik hidroponik, sayuran bayam dapat tumbuh lebih cepat yakni sekitar 30 hingga 35 hari sampai siap panen.

Selain itu, sayuran bayam juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu , Sayuran bayam merupakan rekomendasi untuk anda yang ingin memulai menanam sayuran di rumah.

6. Cabai

Bisa dibilang, cabai ini merupakan salah satu jenis sayuran yang wajib ada di dapur. Sehingga jenis tanaman ini bisa menjadi ladang bisnis dikarenakan cabai sangat diminati oleh masyarakat. 

Dengan demikian, tidak ada salahnya anda mencoba untuk menanam cabai menggunakan tehnik hidroponik di rumah. Anda hanya cukup menabur bibit unggul serta mencukupi kebutuhan butrisi airnya saja. Tanaman cabai pun dapat tumbuh dengan subur serta cepat untuk dipanen.

7. Buncis

Buncis ialah sayuran yang kaya akan vitamin A, B, C serta memiliki kandungan protein yang tinggi. Oleh karena itu, Sayuran Buncis ini kerap kali dikonsumsi untuk anak-anak bahkan hingga orang dewasa untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya sehari-hari.

Dengan tehnik ini, tanaman buncis pun dapat dengan mudah tumbuh serta cepat dipanen. Sampai saat ini, banyak para petani menggunakan tehnik hidroponik untuk membudidayakan sayuran buncis. Dengan begitu, Buncis dapat tumbuh dengan cepat serta dipanen dengan singkat yang kemudian akan mereka jual di pasar.

8. Tomat

Tomat merupakan tanaman yang sangat cocok dengan metode hidroponik. Agar tomat nantinya tumbuh dengan cepat serta berkualitas, pastikan anda memilih bibit tomat dengan kualitas yang tinggi.

Jika anda membudidayakannya dengan perawatan yang baik, maka satu bulan sayuran tomat dapat anda panen dengan metode hidroponik. Perlu anda perhatikan, pada saat proses penyemaian bibit tomat, kami sarankan anda untuk menggunakan media dari sabut kelapa agar nantinya tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik. 

9. Selada

Selada ialah sayuran yang kerap kali digunakan sebagai bahan pelengkap dalam salad. Sayuran ini juga cocok sebagai makanana pendamping bagi anda yang sedang melakukan diet. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila anda juga menanam tanaman yang satu ini dengan metode hidroponik, dikarenakan tanaman relatif lebih cepat tumbuh jika dibandingkan dengan metode biasa.

10. Kale

Kale merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer sekali di kalangan masyarakat dunia. Di indonesia sendiri, kale kerap kali dianggap sama dengan selada. Padahal dari segi tampilan serta kandungan gizinya pun berbeda.

Sayuran ini pun sering kali disebut sebagai Superfood. Superfood sendiri ialah kelompok makanan yang dianggap memiliki begitu banyak nutrisi yanjg baik untuk tubuh. Manfaat mengkonsumsi sayuran kale diantaranya ialah :

  • Sebagai anti penuaan
  • Dapat membantu mengurangi kolesterol
  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Dapat memperkuat sistem imun tubuh

Sayuran kale dapat dipanen pada usia 60 hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close