-->

Benarkah Penderita Penyakit Rematik Sering Terjadi Pada Wanita?

rematik pada wanita

Menurut data yang ada, penyakit Rematik penderitanya lebih banyak terjadi pada kaum wanita, yakni tiga kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kaum pria. Arthritis ialah sebuah penyakit yang dapat mempengaruhi persendian. Pada kasus ini, sistem imun tubuh akan menyerang jaringan yang sehat untuk alasan yang belum dapat dipastikan sampai sekarang ini.

Sistem imun ini menyerang selaput sendi hingga kita merasakan rasa nyeri, yang lebih parahnya lagi, Arthritis bersifat sistematik yang dapat mempengaruhi area tubuh lain di luar persendian.

Apakah Kaum Wanita Lebih Rentan Terkena Penyakit Rematik?

Seorang ahli reumatologi yang bernama Scott J. Zashin, MD, mengatakan, pada dasarnya, penyakit autoimun memang lebih sering terjadi pada wanita. Wanita yang belum monepouse lebih berisiko 15 kali lipat terkena penyakit ini. Mengapa? dikarenakan  masih banyak hormon estrogen yang aktif.

Namun setelah wanita itu monepouse, risiko untuk terkena penyakit ini akan berkurang. Perubahan hormon itulah yang mempengaruhi munculnya peradangan.

Maka dari itu, sistem imun yang ada pada wanita cenderung lebih aktif ketimbang pria sehingga meninggikan risiko terjadinya artritis atau rematik.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close