-->

Mandi Malam Dapat Menyebabkan Rematik? Mitos atau Fakta?

Mandi Malam Dapat Menyebabkan Rematik

Mandi malam merupakan salah satu yang diyakini sebagai penyebab rematik, Benarkah pendapat tentang mandi malam yang menyebabkan terkena penyakit rematik?

Para orang tua pasti menasehati kita agat tidak melakukan mandi malam, Namun benarkah mandi malam ini menyebabkan rematik seperti anggapan para orang tua? ataukah hanya menjadi sebuah mitos belaka?

Mandi malam kerap kali dilakukan oleh para pekerja kantoran yang dikarenakan tuntutan kerja. Paginya berangkat kerja dan malamnya baru pulang kerja serta hal tersebut yang memaksa mereka untuk melakukan mandi malam. Semua itu merupakan rutinitas untuk menjaga agar badan tetap bersih, segar dan nyaman ketika sedang beristirahat.

Baca Juga Apakah Penderita Penyakit Rematik tidak boleh Dipijat?

Namun, dikarenakan adanya mitos tersebut, membuat kebanyakan orang melewati rutinitasnya yang diakibatnya informasi tentang mandi malam merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rematik.

Apa Itu Rematik?

Sebelum kami menjelaskan tentang apakah mandi malam dapat menyebabkan rematik, ada baiknya anda harus tahu tentang penyakit ini. Banyak orang mengira penyakit Rematik sama dengan Penyakit Asam Urat, Nyatanya hal tersebut berbeda. Di dalam ilmu medis, rematik kerap disebut dengan Rheumatoid Arthritis (RA).

Rematik termasuk ke dalam penyakit Autoimun. Dimana sel-sel imun tubuh menyerang organ-organ dalam tubuh. Bagian yang kerap diserang oleh rematik sendiri ialah bagian persendian.

Baca Juga Kenapa Rematik Sering Terjadi Pada Wanita?

Penyakit rematik ini lebih sering menyerang wanita jika dibandingkan dengan kaum pria, diantara usia 20 hingga 40 tahun. Seiring bertambahnya usia anda, maka semakin besar pula risiko terkena penyakit rematik ini.

Mandi Malam Dapat Membuat Rematik, Mitos atau Fakta?

Banyak orang beranggapan bahwa, mandi malam dapat menyebabkan rematik. Hal tersebut tidak benar adanya dan hanya mitos belaka. Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa penyebab rematik sendiri ialah di mana sistem imun tubuh yang menyerang tubuh itu sendiri.

Namun bukan berarti bagi kalian yang menderita rematik bisa sering melakukan mandi malam, Mandi malam bagi penderita rematik justru akan memperparah keluhan pada nyeri sendi. Mengapa? Dikarenakan dinginnya air karena mandi malam bisa membuat nyeri sendi akan semakin parah.

Maka dari itu, jika anda tetap ingin melakukan mandi malam, ada baiknya menggunakan air hangat. Apalagi bagi kalian yang menderita rematik, hal tersebut agar rasa nyeri sendi tidak muncul.

Sumber Klikdokter 

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close