-->

Langkah Awal Budidaya Cacing Sutra

Langkah Awal Budidaya Cacing Sutra

Duniabelajar - Membudidayakan cacing sutra bukanlah hal yang sulit, langkah awal budidaya sutra sendiri ialah niat, tanpa adanya niat, pastinya anda akan kesulitan dalam membudidayakan cacing sutra ini.

Cacing sutra ialah pakan alami berbagai macam ikan yang masih dalam proses pembenihan, terutama pada fase larva. Pada fase ini, bibit ikan sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhannya, oleh karena itu, tak jarang banyak para pembudidaya ikan yang mencari pakan alami ini.

Baca Juga Cara Ternak Cacing Sutra Tanpa Media Lumpur

Tingginya minat terhadap cacing sutra, menjadikan pakan alami ini sulit ditemukan oleh para peternak itu sendiri, Oleh karena itu duniabelajar akan memberikan langkah awal budidaya cacing sutra yang harus lakukan. Berikut cara budidaya cacing sutra ;

Cara Budidaya Cacing Sutra

1. Penyiapan Kolam

Untuk penyiapan kolam sendiri merupakan langkah awal budidaya cacing sutra yang harus anda penuhi. Tanpa adanya penyiapan kolam, anda tidak bisa membudidayakan cacing sutra.

Anda bisa memanfaatkan kolam ikan lele ataupun ikan jenis lainnya. Selanjutnya kolam dikeringkan dan diberi air limbah kolam dari pembesaran lele yang kemudian aduk-aduk secara merata. Kamudian barulah anda memasukannya ke dalam pembudidayaan cacing sutra.

2. Persiapan Alat dan Bahannya

Sebelum anda memulai budidaya cacing sutra, anda harus menyiapkan beberapa peralatan yang akan digunakan nanti, antara lain :

  • Kolam budidaya cacing sutra
  • Air bekas kolam ikan lele
  • Pipa Paralon
  • Indukan cacing sutra (Carilah yang memiliki ukuran 5-6cm)
  • Pompa air

3. Penebaran Benih

Penebaran benih sendiri dilakukan setelah media kolam sudah tersedia, jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi airnya agar terus berjalan. Pastikan pada kolam budidaya anda, tidak terdapat jentik-jentik nyamuk dikarenakan satu gigitan nyamuk akan menyebabkan kematian pada cacing sutra.

4. Perawatan

Perawatannya sendiri cukup mudah, anda hanya perlu memperhatikan keadaan air serta memberikannya pakan setiap harinya. Pastikan jangan ada jentik-jentik nyamuk disekitar kolam budidaya cacing sutra.

5. Pemanenan

Pemanenan cacing sutra dapat anda lakukan setelah berumur 3 minggu setelah menebar bibit, namun alangkah baiknya anda melakukan pemanenan pada saat berumur 4 hingga 5 minggu. Untuk harga cacing sutra sangat bervariatif berada di kisaran Rp8.000 hingga Rp10.000 per gelas plastik.

Pada saat pemanenan cacing sutra, pastinya terdapat endapan lumpur, pada saat itu masukan cacing sutra ke dalam ember yang sudah berisi air, kemudian tutup rapat, tunggu selama 1 hingga 2 jam. Kemudian cacing sutra tersebut akan memisahkan diri dengan lumpur dan akan bergerombol. Cacing sutra siap di berikan kepada benih ikan budidaya anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close