-->

Cara Semai Bibit Cabe yang Baik dan Benar

Cara Semai Bibit Cabai

Cara Semai Bibit Cabe - Menyemai benih cabe merupakan harus anda lakukan sebelum memulai budidaya cabe keriting maupun jenis cabe lainnya. Dikarenakan, jika anda langsung menanam benih cabe ke media tanam, maka besar kemungkinan akan gagal tumbuh, sehingga usaha yang anda lakukan sebelumnya menjadi hal yang sia-sia.

Bagaimana cara semai bibit cabe yang baik dan benar? Oleh karena itu Duniabelajar akan memberikan anda beberapa informasi penting mengenai cara semai benih cabe, sehingga tumbuhan cabe yang anda tanam bisa tumbuh hingga 1 tahun lebih serta lebat buahnya.

Baiklah, simak baik-baik apa yang akan kami jelaskan berikut ini, bila anda masih bingung tentang penjelasannya, kami juga akan memberikan anda video tutorial yang bisa kalian ikuti. Berikut cara semai bibit cabe yang baik dan benar :

Cara Semai Bibit Cabe

Untuk menyemaibibit cabe, anda cukup memerlukan media yang nantinya akan digunakan dalam proses menyemai benih anta lain Kotoran ayam, Tanah, Benih Cabe dan Furadan. Pemakaian furadan ini bertujuan agar hama pemakan biji-bijian tidak berani mendekati penyemaian benih cabe yang sedang kita semai ini.

Agar anda mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga harus menyiapkan media tanam yang baik dan harus memenuhi beberapa persyaratan. Sebelum melakukan penyemaian benih cabe, pastikan anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya :

  • Tempat penyemaian benih cabe harus dibersihkan terlebih dahulu dari rumput ataupun semak belukar.
  • Tidak terlalu panas.
  • Untuk cara penyemaian benih cabe bisa anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :
  • Campurkan tanah dengan kotoran ayam dan juga furadan.
  • Masukan benih cabe ke dalam tanah (Anda juga bisa memasukannya langsung dari buahnya ataupun bisa dengan membeli bibitnya), Bila anda menginginkan cabe yang pedas, sebaiknya jangan dijemur, langsung saja masukan benih cabe ke dalam tanah yang sudah tercampur tadi.
  • Siram secara rutin sengan air secukupnya

Setelah tanaman cabe sudah mulai kelihatan daun sebanyak 4 buah atau sudah berusia 3 minggu, langkah selanjutnya ialah memindahkannya ke media tanam yang baru. Pastikan anda jangan mencabutnya langsung, sebaiknya anda mencongkelnya dari bawah akarnya. Tujuannya agar nantinya, saat dipindahkan ke polybag (anda juga bisa menggunakan gelas plastik), tanaman cabe tidak layu.

Langkah selanjutnya ialah pemindahan benih cabe ke dalam polybag atau gelas plastik. Untuk takarannya ialah 1:4 dengan 1/4 gelas plastik untuk tahi ayam (Pupuk kandang) dan 3/4 untuk tanah, sedangkan bila anda menggunakan polybag maka takarannya 1:2. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Lubangi terlebih dahulu bagian bawah dari gelas plastik
  • Campur kotoran ayam (Pupuk kandan) dengan tanah
  • Masukan ke dalam gelas plastik ataupun polybag (untuk videonya, kami menggunakan gelas plastik)
  • Lubangi bagian tengah, yang nantinya akan dimasuki benih cabe

Begitulah tehnik menyemai yang baik dan benar. Pastinya tutorial ini tidak sampai disitu saja sobat duniabelajar. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskannya sampai tanaman cabe siap untuk dipanen. Penasaran bukan? Berkut proses seletah kalian melakukan penyemaian tanaman cabe :

Setelah tanaman cabe yang kita semai, sudah berumur 1 minggu, Tanaman cabe sudah siap kita pindahkan ke media tanam baru (Lahan).

  • Siapkan 1 cangkul pupuk kandang (Kotoran ayam) dengan tanah
  • Campurkan pupuk kandang tersebut dengan tanah, aduk hingga merata
  • Tekan keras-keras bagian bawah gelas plastik yang anda gunakan untuk penyemaian tadi, agar tanaman cabe bisa keluar dari gelas plastik
  • Tanam tanaman cabe ke lahan yang sudah anda siapkan
  • Siram tanaman cabe dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan Green Tonik. 

Green tonik merupakan pupuk cair pelengkap untuk pertanian serta perkebunan. Tujuan dari penggunaan green tonik itu sendiri ialah untuk merangsang pertumbuhan dari tanaman serta untuk menyuburkan semua jenis tanaman terutama untuk melebatkan bunga dan buah, menambah bobot buah dan mencegah kerontokan pada tanaman.

Lihat Produk Furadan di Shopee 

Lihat Produk Furadan di Tokopedia

Lihat Produk Furadan di Bukalapak

Demikian tutorial cara semai bibit cabe yang baik dan benar. Bila anda masih kebingungan, alangkah baiknya anda menyimak video yang akan kami bagikan di bawah ini, pastikan anda memperhatikannya dengan seksama.

Cara Semai Bibit Cabe

Semoga dengan adanya tutorial cara semai benih cabe ini, dapat membantu anda yang ingin sekali menyemai tanaman cabe. Sekian terima kasih.

Tags

  • semai cabe
  • cara menyemai benih cabe
  • cara menanam tanaman cabe
  • tanam cabe

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close