-->

Cara Menanam Sawi Hidroponik dengan Rockwol

Cara Menanam Sawi Hidroponik dengan Rockwol

DuniaBelajar.com - Menanam sawi hidroponik terbilang cukup mudah. Tidak perlu khawatir bila anda tidak memiliki lahan yang luas, dikarenakan metode hidroponik ini diperuntukan bagi anda yang meniliki keterbatasan lahan.

Metode Hidroponik ialah sebuah metode bercocok tanam dengan menggunakan media air yang sudah diberi tambahan nutrisi. Metode ini cocok sekali untuk anda yang ingin sekali berkebun, namun tidak memiliki lahan yang luas.

Sayuran sawi hidroponik sangat cocok sekali bagi para pemula yang baru memulai berkebun, dikarenakan Sawi merupakan sayuran hijau yang cepat tumbuh selain Kangkung, Selada dan Bayam.

Berapa Lama Panen Sawi Hidroponik?

Tanaman sawi hidroponik dari biji dapat dipanen setelah berusia 40 hari sedangkan tanaman sawi yang sudah melalui persemaian bisa anda panen ketika berusia 30 hari setelan ditanam.

Apa Manfaat Menanam Sawi Secara Hidroponik?

Tanaman sawi yang ditanam dengan metode hidroponik dapat anda panen lebih cepat jika dibandingkan dengan yang menggunakan metode konvensional serta lebih irit lahan. Itulah mengapa kebanyakan para petani menggunakan metode hidroponik untuk menanam sayuran sawi ini.

Pada kesempatan kali ini Duniabelajar akan memberikan anda tutorial tentang bagaimana caranya menanam sawi secara hidroponik, terutama bagi anda yang masih pemula. Berikut langkah-langkah menanam sawi hidroponik :

Cara Menanam Sawi Hidroponik dengan Rockwol

1. Siapkan Alat serta bahan-bahannya

Alat serta bahan-bahan yang akan kita gunakan ini sangat sedikit serta sudah banyak dijual di toko-toko online. Berikut ialah alat dan bahan untuk cara menanam sawi hidroponik :

A. Rockwol

Rockwol ini kita gunakan untuk proses semai benih sawi, caranya ialah potong-potong rockwol dengan ukuran 3x3x3 dengan panjang 3cm lebar 3cm dan tinggi 3cm. Kemudian lubangi bagian tengah dengan lidi yang nantinya sebagai tempat untuk menaruh benih serta jangan lupa untuk dibasahi terlebih dahulu. Tapi ingat jangan teralu basah dan jangan juga terlalu kering.

B. Tray Semai atau Netpot

Tray Semay ini digunakan sebagai wadah untuk media tanam dari Sawi Hidroponik.

Lihat Produknya di Shopee 

Lihat Produknya di Tokopedia

Lihat Produknya di Bukalapak

C. Bibit Sawi

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan anda memilih bibit sawi yang berkualitas. Carilah benih sawi yang memiliki kualitas yang bagus. Jangan lupa pehatikan tanggal kadaluarsanya juga.

Dengan pemilihan benih sawi hidroponik yang berkualitas, Maka hasil panen nya pun akan meningkat dan juga berkualitas.

Lihat Produknya di Shopee 

Lihat Produknya di Tokopedia

Lihat Produknya di Bukalapak

D. Air

Air disini sebagai media tumbuh pengganti tanah.

E. Baskom

Media ini digunakan sebagai wadah air yang nantinya digunakan untuk merendam akar dari tanaman sawi hidroponik.

F. Nutrisi Hidroponik Sawi

Pemberian nutrisi ini untuk menunjang daya tumbuh dari sawi hidroponik. Agar nutrisi sawi hidroponik terpenuhi maka ada baiknya anda menambahkan nutrisi hidroponik Pekatan AB Mix. Pemberian nutrisi AB Mix sendiri sudah memenuhi semua kebutuhan nutrisi tanaman, sehingga tanaman yang dihasilkan nanti memiliki daun yang lebat.

Lihat Produknya di Shopee 

Lihat Produknya di Tokopedia

Lihat Produknya di Bukalapak

2. Menanam Sawi Hidroponik

Untuk menanam sawi hidroponik ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menanam kangkung hidroponik tanpa rockwol. Namun, karena tutorial kali ini memakai rockwol sebagai media semainya, ada baiknya anda mengikuti langkah-langkah cara menanam sawi hidroponik berikut ini : 

A. Cara Membuat Wadah Sawi Hidroponik

Membuat wadah untuk menanam sawi hidroponik tidaklah terlalu sulit, anda bisa menggunakan berbagai cara misalnya dengan gelas plastik bekas seperti pada tutorial cara menanam cabe hidroponik yang sudah kami tulis sebelumnya ataupun bagi anda yang tidak mau ribet, anda bisa membeli netpot atau pun tray semai.

B. Cara Tanam Hidroponik Sawi

Sebelum anda menanam sawi hidroponik, kamu harus menyiapkan bibitnya terlebih dahulu melalui proses semai yang sudah kami tulis sebelumnya di Cara Menyemai Tanaman Hidroponik.

Pastikan anda menggunakan bibit sawi yang sudah tumbuh tunasnya dengan ciri-ciri memiliki 4 daun sejati dan juga berakar lebat. Jika ciri-ciri tadi sudah terpenuhi, anda bisa langsung menanamnya pada wadah hidroponik.

Cara menanam sawi hidroponiknya ialah dengan meletakkan sawi yang sudah di semai sebelumnya ke wadah tray semai ataupun netpot, kemudian rutin-rutinlah untuk mengecek debit air dan pastikan selalu menempel pada kain flanel pada netpot atau tray semai.

Cara Merawat Tanaman Hidroponik

Semua jenis tanaman pastinya sangat membutuhkan nutrisi dari sinar matahari, Tumbuhan yang mendapatkan sinar dari matahari akan lebih tahan lama serta lebih besar.

Jika ruangan yang anda gunakan untuk menanam sawi hidroponik tidak memiliki sudut yang terpapar cahaya matahari, anda bisa mengakalinya dengan lampu Grow Light.

Selain terkena sinar matahari, tanaman juga membutuhkan paparan angin dikarenakan angin ini akan membawa oksigen yang amat diperlukan tanaman untuk tumbuh.

Jika tanaman sawi hidroponik sudah mulai tumbuh, pastikan anda selalu mengecek debit air atau jumlah air pada media agar selalu mengenai kain flanel ataupun akarnya supaya tanaman sawi hidroponik yang anda tanam ini dapat tumbuh dengan subur.

Bagi anda yang masih bingung, kami sudah menyiapkan video yang bisa anda ikuti untuk proses menanam sawi hidroponik ini, Silahkan simak videonya di bawah ini.

Cara Menanam Sawi Hidroponik

Semoga dengan adanya tutorial cara tanam sawi hidroponik dengan rockwol ini, dapat membantu anda yang ingin sekali menanam sawi dengan menggunakan metode hidroponik. Sekian terima kasih.

Tags

  • nutrisi sawi hidroponik
  • nutrisi hidroponik sawi
  • cara hidroponik sawi
  • cara menanam sawi hidroponik
  • cara budidaya sawi hidroponik
  • cara tanam sawi hidroponik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close