-->

Benarkah, Penderita Penyakit Rematik Tidak Boleh Dipijat?

Bolehkah penderita rematik diijat

Penderita penyakit rematik memang akan terasa sakit pada bagian rasa nyeri bila tersentuh, namun apakah penderita rematik boleh dipijat? Mungkin selama ini anda bertanya-tanya tentang apakah penderita rematik ini boleh dipijat atau tidak.

Nyatanya boleh saja, penderita rematik ini untuk dipijat, hal ini hanya digunakan untuk terapi saja serta anda harus perhatikan tehnik yang benar agar nantinya penderita rematik ini tidak bertambah parah.

Bila penyakit rematik sedang kambuh, biasanya mereka membutuhkan obat serta pijatan yang nyaman. Bila sedikit saja kesalahan dalam memijat penderita rematik, maka hal tersebut akan menambah rasa sakit si penderitanya.

Baca Juga Kenapa Rematik Sering Terjadi Pada Wanita?

Penderita rematik sebenarnya boleh saja dipijat, namun orang yang memijatnya harus mengetahui tehnik pijat yang telah direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

Penyakit rematik ialah sebuah penyakit yang menyerang daya tubuhnya sendiri yang menyebabkan rasa sakit pada persendian. Banyak orang mengira penyakit rematik ini disebabkan akibat kebiasaan melakukan mandi malam, Nyatanya hal tersebut merupakan mitos belaka.

Penyakit rematik juga menyebabkan benjolan pada kulit, Peradangan pada mata, Penurunan sel darah putih, serta gangguan pada paru-paru. Dimana kerusakan sendi akan nampak pada dua tahun pertama terjadinya rematik.

Faktor Risiko Penyakit Rematik

  • Jenis Kelamin terutama pada Wanita.
  • Usia 40 hingga 60 tahun.
  • Genetik ( Riwayat keluarga )
  • Merokok.
  • Obesitas.

Tehnik Pijatan yang Baik dan Benar bagi Penderita Rematik

Tehnik pijatan yang benar pada dasarnya dapat memperbaiki suasana hati seseorang, Menurunkan produksi hormon stres, serta meningkatkan serotin. Dengan pijatan yang benar, maka akan dapat mengurangi keluhan rasa nyeri sendi pada penderita rematik.

Pemijatan yang tidak sesuai anjuran para ahli,dapat membuat sang penderita menjadi lebih kesakitan dan lebih buruknya lagi, hal tersebut akan memperparah rematik itu sendiri.

Maka dari itu, sebelum anda melakukan pijatan terhadap penderita rematik, ada baiknya tanyakan terlebih dahulu kepada dokter. Hal tersebut perlu anda lakukan agar penderita rematik merasa nyaman.

Tehnik pijat yang benar sangat dianjurkan sekali pada penderita rematik, berikut beberapa tehnik yang bisa anda lakukan, diantaranya :

  • Myofascialrelease
  • Pijat refleksi
  • Hot stone massage
  • Cold stone massage
  • Trigger point massage

Perlu anda ketahui, Penderita rematik tidak boleh asal-asalan dalam memijatnya. Bila anda hendak melakukan pemijatan ke tempat pijat, pastikan anda memberitahukan bahwa anda mempunyai masalah dengan rematik.

Hal tersebut agar pemijat dapat lebih berhati-hati untuk memijat anda. Jika saat dipijat menimbulkan rasa nyeri, sebaiknya hentikan segera. Melakukan terapi pijat merupakan cara tambahan untuk mengatasi rasa nyeri akibat rematik serta dapat membuat anda merasa lebih relaks.

Kesimpulan

Penderita rematik boleh saja dipijat asalkan tahu cara memijat yang baik dan benar, gar penderita rematik merasa lebih nyaman. Pastikan sebelum anda mulai memijat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang penyakit rematik.

Sumber Klikdokter

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close