-->

Asam Urat : Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Asam Urat

Penyakit asam urat ialah sebuah penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar asam urat (limbah) di dalam aliran darah dan membentuk kristal tajam. Normalnya asam urat dapat larut di dalam darah yang kemudian dikeluarkan lewat urine.

Asam urat merupakan hasil dari metabolisme purin yang tak larut di dalam darah, Ketika asupan purin berlebih yang diakibatkan konsumsi makanan penyebab asam urat yang tinggi, maka kadar asam urat pun melonjak. Asam urat sering kali terjadi pada Jari tangan, Lutut, Pergelangan kaki dan juga Jari kaki.

Jika kadar asam urat di dalam darah melebihi 7mg/dl, maka orang tersebut akan lebih rentan terkena penyakit asam urat.

Mengapa Asam Urat Kerap Kali Terjadi Pada Pria?

Dikarenakan pada perempuan terdapat sebuah hormon yang berfungsi untuk mengeluarkan asam urat, maka dari itu kaum pria lebih rentan terhadap penyakit asam urat ini.

Laki-laki sendiri memiliki kadar asam urat yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan perempuan. Dan karenanya, 90% pasien asam urat adalah kaun pria. Asam urat sendiri sering terjadi pada usia 30 tahun keatas.

Rasa sakit yang tak tertahankan ini dapat berlangsung selama 3-7 hari. Banyak sekali orang yang menyamakan penyakit asam urat ini dengan Rematik. Padahal penyakit rematik ini ialah sebuah kondisi yang menggambarkan rasa sakit yang terjadi pada otot atau persendian yang mengalami peradangan.

Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Apa yang menyebabkan seseorang terkena penyakit asam urat?

Disini pastinya anda ingin sekali mengetahui apa saja faktor penyebab penyakit asam urat ini, terutama makanan. Berikut beberapa penyebab terjadinya penyakit asam urat:

  • Konsumsi minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi, Minuman beralkohol.
  • Menggunakan Obat-obatan semacam Obat pengencer darah, Obat penghambat enzim, dan Kemoterapi.
  • Keturunan dari keluarga pengidap asam urat.
  • Kurang Tidur.
  • Banyak Pikiran (Stres)
  • Penderita asam urat tidak boleh makan makanan yang mengandung purin tinggi semacam Daging Merah, Makanan Laut (Seafood), Daging Jeroan, Oatmeal dan Roti.

Baca Juga Mengapa Pengidap Asam Urat dilarang memakan Roti?

Apa penyebab asam urat di usia muda?

Asam urat di usia remaja menunjukan apabila pengidap terlalu banyak dalam mengonsumsi makan makanan yang mengandung purin tinggi.

Baca Juga Apa saja makanan yang mengadung Purin Tinggi?

Saat zat tersebut dicerna oleh tubuh, tubuh akan otomatis memproduksi asam urat. Jadi, saat kamu mengonsumsi makanan dengan purin tinggi, jadi otomatis kadar asam urat dalam tubuh akan menyeimbangi.

Bagaimana Gejala Asam Urat?

Bagi orang awam memang agak sulit untuk membedakan asam urat dengan rematik. Ada banyak sekali gejala penyakit asam urat yang kerap kali terjadi diantaranya :

  • Sendi secara mendadak terasa sangat sakit.
  • Sulit untuk berjalan yang diakibatkan rasa sakit, umumnya pada terjadi pada pergelangan dan juga jari kaki, khususnya pada malam hari.
  • Rasa nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, rasa panas, dan munculnya warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Ketika rasa nyeri hilang, kulit yang berada di sekitar sendi rasa nyeri akan tampak bersisik, terkelupas dan juga akan terasa gatal.

Gejala ini memang dapat mereda dengan sendirinya, namun anda harus segera mengobatinya agar dapat mencegah risiko terjadi Asam Urat yang lebih parah.

Untuk memastikannya, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu tentang penyakit anda kepada dokter agar nantinya tidak terjadi yang tidak diinginkan. 

Bagaimana Ciri Ciri Asam Urat?

Untuk penyakit asam urat sendiri kerap kali terjadi pada bagian ibu jari akibat penumpukan asam urat yang tidak larut di dalam aliran darah. Agar anda dapat mengetahui, apakah asam urat yang berada di dalam tubuh anda tinggi, berikut ciri ciri asam urat yang wajib anda ketahui :
  • Rasa nyeri yang secara tiba-tiba muncul pada sendi. Kejadian ini biasanya terjadi pada malam hari atau pagi harinya.
  • Biasanya untuk berdiri dan berjalan akan terasa sangat nyeri, panas, bengkak pada rasa nyeri serta berwarna merah atau keunguan.

Ciri ciri asam urat yang kami sebutkan diatas dapat terjadi selama 3-7 hari. Dan sebaiknya anda segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Asam Urat?

Normalnya asam urat akan larut dalam darah serta akan dikeluarkan melalui urine. Namun bila kadar asam urat dalam darah tinggi diperlukan obat untuk mengobati penyakit asam urat ini.

Sebenarnaya ada beberapa tips alami yang bisa anda lakukan untuk menolong menurunkan kadar asam urat dalam darah, diantaranya :

  • Mengurangi Konsumsi Makanan yang mengandung purin tinggi.
  • Kurangi dalam mengkonsumsi gula.
  • Kurangi makanan yang berlemak.
  • Banyak minum air putih.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol.
  • Perbanyak makanan yang mengandung serat.
  • Kurangi beban pikiran akibat stress.
  • Periksa obat-obatan yang anda konsumsi.
  • Rajin berolahraga.

Apa Obat Asam Urat yang paling ampuh?

Obat Asam Urat yang paling ampuh

Untuk menghindari bahaya dari penyakit asam urat yang lebih parah lagi, sangat penting bagi anda untuk mengetahui obat yang dapat menekan kadar asam urat dalam tubuh.

Obat asam urat dibedakan menjadi dua, yaitu untuk meredakan peradangan dan rasa nyeri (Jangka pendek) dan juga untuk menekan kadar asam urat dalam tubuh agar tetap stabil. Jangan sembarangan dalam mengkonsumsinya, Harus disertai dengan resep dokter.

Berikut Obat Penyakit Asam Urat :

Pereda Rasa Nyeri dan Peradangan Jangka Pendek

1. Recolfar - Colchicine (Kolkisin)

Kolkisin yang disebut dengan nama Colchicine ialah obat untuk mengatasi rasa nyeri yang diakibatkan serangan gout (serangan sel darah putih terhadap kristal asam urat).

Obat ini bisa anda gunakan untuk mencegah terjadinya serangan gout, yang ditandai dengan rasa nyeri yang hebat di area sendi, semacam ibu jari atau lutut yang diakibatkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Colchicine bekerja dengan menghentikan pergerakan aktivitas sel darah putih (Neutrofil) ke area peradangan yang dianggapnya sebagai bakteri atau virus. Dengan begitu anda dapat menguragi rasa nyeri sendi akibat serangan penyakit asam urat.

Perlu anda ingat, penggunaan obat Colchicine hanya dapat anda gunakan untuk meredakan nyeri yang diakibatkan penyakit asam urat, dan tidak boleh digunakan untuk meredakan nyeri akibat kondisi lainnya.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat serial animasi Cell At Work Black (Hataraku Saibo Black Episode 11), disana dijelaskan dengan jelas bagaimana fungsi obat ini dalam menghentikan rasa nyeri pada ibu jari kaki.

Wajib dengan resep dokter.

2. Profenid - Ketoprofen

Umumnya Ketoprofen digunakan untuk mengatasi nyeri serta peradangan yang diakibatkan penyakit asam urat, arthritis,cedera dan meredakan nyeri sehabis operasi.

Profenid bekerja dengan menghambat enzim yang menghasilkan prostaglandin yang mengakibatkan peradangan pada tubuh. Ketoprofen ialah obat dengan kandungan zat aktifyang dapat anda gunakan untuk mengatasi penyakit asam urat. Wajib dengan Resep dokter.

Obat Asam Urat Jangka Panjang

3. Probenid - Probenicid

Probenid merupakan obat untuk penyakit asam urat. Obat ini bekerja untuk menurunkan kadar asam urat dalam aliran darah. Namun Obat Probenid ini tidak dapat meredakan serangan asam urat yang sedang terjadi ( Serangan sel darah putih terhadap kristal asam urat ). Penggunaannya lebih digunakan untuk pengobatan jangka panjang. Wajib Resep Dokter.

4. Puricemia - Allopurinol

Puricemia berperan untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah dengan menghambat laju Xanthine Oxidase. Zat yang menyebabkan tingginya jumlah asam urat.

Allopurinol dapat mengatasi asam urat berlebih, semacam Gout dan Batu Ginjal. Salah satu obat allopurinol yang bekerja untuk mengurangi kadar asam urat berlebih ialah Puricemia. Wajib Resep Dokter.

5. Zyloric - Allopurinol

Selain Puricemia, Obat Zyloric juga merupakan oabt untuk asam urat. Obat ini bekerja untuk mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah dan juga urine, sehingga dapat mencegah terjadinya rasa nyeri sendi yang diakibatkan dari penumpukan asam urat serta dapat menghindari penyakit batu ginjal. Wajib dengan resep dokter.

6. Feburic - Febuxostat

Febuxostat ialah obat yang digunakan untuk mengobati hiperurisemia kronik atau asam urat. BPOM juga telah menyetujui edaran produk obat febuxostat ini dengan nama Feburic.

Pemberian obat Febuxostat diberikan pada pasien hiperurisemia kronik dengan deposisi kristal urat, termasuk Gout Arthritis yang efektif untuk menurunkan kadar asam urat. Wajib dengan resep dokter.

Penutup

Demikian yang bisa kami sampaikan tentang penyakit asam urat. Bila sekiranya penyakit asam urat semakin parah, laporkan segera ke dokter agar mendapatkan penanganan tepat dan akurat.

Semoga informasi ini dapat membantumu untuk mengatasi penyakit asam urat.

Referensi 

  • Alodokter
  • Halodoc

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close